Rabu, 25 Februari 2009

TEKNIK MENEMUKAN JUDUL SKRIPSI SENDIRI



MENULIS SKRIPSI MERUPAKAN FINAL DARI MAHASISWA DI KAPUS DALAM MENDALAMI SEGMEN WAWASAN DENGAN KEMANDIRIAN UNTUK MEMPERTAHANKAN SEBUAH KAJIAN DISIPLIN ILMU.................

Terkadang kita mengetahui keresahan mahasiswa dalam mencari kajian menelaah ilmu yang digelutinya pada semester-semester sebelumnya. Apalagi belum menghadapi mahasiswa yang melakukan lintas disiplin ilmu yang ditempuh ketika dibangku kuliah. Semisal transfer mahasiswa dari satu jurusan atau program studi ke jurusan atau proogram studi lainnya. Namun demikian masalah krusialnya sesungguhnya bukan itu. Tinggal bagaimana mahasiswa tersebut menghadapi kesungguhan belajar dalam menggeluti disiplin ilmu yang dipelajarinya.

Rekan-rekan mahasiswa,.......

Mungkin sedikit cuplikann kuliah skripsi ini dapat membantu anda. BAGAIMANA MENEMUKAN JUDUL SKRIPSI DENGAN KEINGINAN YANG KITA TEMUI DI LAPANGAN?

Pertama.....adanya MASALAH

Anda menemui masalah.Keresahan masalah yang anda rasakan harus anda tentukan dalam satu kalimat yang jelas. Dengan masalah yang sudah jelas anda tidak perlu menengok pada masalah lain yang mungkin membebani anda, walaupun berakumulasi dengan masalah yang anda tentukan.

Darimana sumber masalah yang saudara temukan ? Mungkin saudara telah melakukan (1)pengamatan terhadap kegiatan (dimanapun saudara melakukan kegiatan) seperti di sekolah waktu mengajar, dimasyarakat dan sebagainya;(2) saudara suka membaca, menemukan maslah di Jurnal, majalah, buletin, atau spesifik dari hasil penilaian saudara setelah melakukan evaluasi pembelajaran karena saudara seorang guru ;(3) saudara suka berdiskusi, melakukan analisis bidang ilmu dan pengetahuan; (4)saudara sedang mengembangkan wawasan penelitian yang pernah saudara lakukan;(5) saudara mencintai untuk mengembangkan sebuah studi ;(6) saudara mengembangkan agenda pribadi yang telah diprogramkan selama melakukan aktifitas; (7) saudara praktisi sosial sering melakukan kegiatan praktik serta berkeinginan mengembangkan dunia kemasyarakatan;(8) saudara tertarik dengan salah satu bidang spesialisasi seperti kecintaan sebagai guru di TK, sebagai kecintaan guru seni, sebagai kecintaan guru senam dsb;(9) saudara ingin menemukan suatu inovasi dalam sebuah pembelajaran yang merujuk pad salah satu disiplin mata pelajaran (10) saudara memiliki pemikiran lain yang dirasakan penting untuk kemslahatan umat, pendidikan, sosial dan pendidikan.(11) saudara sebagai seorang yang diberi tugas sebagai tim ahli dan sebagainya.

kedua,...........IDENTIFIKASI MASALAH

Dari masalah yang saudara tentukan saudara garus menidentifikasi masalah tersebut dari berbagai faktor: Misalnya:

Faktor penyebab timbulnya masalah,

keragaman,

unsur-unsur yang ada didalamnya,

pengaruh atau penyebabnya hubungannya dengan kepentingan yang ada,

faktor-faktor lain yang menjadi pembanding timbulnya masalah tersebut,

sarana pendukung timbulnya masalah dan sebagainya

ketiga..........BATASAN MASALAH

Masalah yang telah diidentifikasi dari berbagai sudut panda (mainset) tersebut maka saudara harus membatasinya untuk tidak menimbulkan kerancuan pembahasan. Misalnya memilih salah satu masalah yang spesifik, disertai dengan alasan :

1. Mengapa masalah tersebut dianggap penting

2. Dimana letak krusial masalah tersebut dengan kondisi yang sedang berkembang sekarang

3. Alasan lain yang saudara anggap masalah tersebut menjadi pusat perhatian saudara (centre of interest)

keempat............Kerangka teoritik dan kajian pustaka

Kerangka ini merupakan hasil pemikiran saudara (praesent) yang mungkin menjadi mainset saudara harus saudara prediksikan sebagai sebuah kerangka pemikiran yang ilmiah

kelima.................meresum permasalahan di atas menjadi sebuah judul

Ikuti bohg berikutnya sebagai contoh praktis.........semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. OK juga pak,,,,tapi ini butuh juknis skripsi berbahasa arab pak, insuri belum punya itu...kapan direalisasikan?

    BalasHapus