Kamis, 08 Januari 2009

BULETIN ILMANIA

Buletin ilmiah, sosial - budaya dan pendidikan

ILMANIA


Susunan Redaksi
Penanggung jawab :
Kepala SMPN 1 SAWOO
Pimpinan Redaksi :
Moh.Thoyib M.Pd.
Penulis-Penyunting:
Hadi Siswanto, M.Pd
Ahmad MAnan, M.Pd
Mohammad Thoyib, M.Pd
Team Redaksi:
Gukar smp1 sawoo
Wartawan bulletin :
Athoy’s, ama, pak’e pithul,
mester bandi, Andri,gito ndhidhut, moon,
pak giyot, siti, lu2k,aw, uwak dhindhud, diajeng utieq, syeih ari, gus yus. dkk

TOMBO ATI :SENI BUDAYA-FILOSOFIS DAN AGAMIS WALI SONGO
Pandoming Kaum Muslim
Oleh: Abah Thoyib
Sebagai muqaddimah dalam membaca buletin ini, mari kita lantunkan basmallah sebagai kalimat pembuka dalam melakukan sebuah wacana menuju insan kamil,yang sekaligus pembuka qolbu.
Pak kyai memberi mau’idhah hasanah tentang tombo ati (obat hati ) yang merupakan filosof dari pimpinan para wali songo
Para wali inilah yang pada mulanya yang babat tanah jawa, di ceritakan bahwa sebelumnya tanah jawa di huni oleh kaum hindhu–budha. sebelum hadirnya para wali sebagai pembawa agama islam penghuni tanah jawa menyembah kepada berhala, arca, pohon dan binatang yang mereka anggap tuhan. Dengan berbagai cara,baik melalui seni maupun budaya, mampu mengislamkan orang-orang di tanah jawa hingga menjadi agama kita, dengan demikian kita sangat bersyukur kepada sang pencipta (Allah) karena telah memberi agama islam kepada kita yang merupakan agama yang di ridhoinya “Innaddiina ‘indalloohil islam” yang artinya sesungguhnya agama yang di ridhoi Allah adalah agama islam.
Pembaca ilmania yang budiman.
Di jelaskan di atas bahwa bahwa para wali mempunyai filsafat yang merupakan tipe utama dalam menyembuhkan hati yang resah, susah, gemersang yakni Tombo ati. Sebagaimana diterangkan para wali bahwa obat hati pujian klasik di masjid dan langgar-langgar salafi, ada lima perkara:
Pertama Membaca Alquran sekaligus memahami maknanya.
Kyai menuturkan bahwa, apabila kita kesusahan pikiran sumpek gemersang, maka berwudhu-lah kemudian membaca alquran, insyaallah dengan bacaan alquran tersebut kita akan di beri kecerahan qolbu, jangan malah baca Koran, mengapa? karena yang termuat dalam Koran isinya bermacam-macam. Kasus-kasus kriminal, kecelakaan, musibah kenyataan sekarang ini, dengan demikian di sadari atau tidak hati kita malah akan bertambah sedih dan susah.Sebagai obat hati sekaligus merupakan nilai ibadah marilah kita perbanyak membaca alquran semoga hati kita menjadi adhem(sejuk), ayem dan terobati amin....


Kedua sholat malam lakukanlah.
Dengan sholat malam seperti, sholat tahajjud, taubat, hajat ataupun sholat sunnah lainya merupakan tip-tip utama dalam mengobati hati mengapa demikian?karena pada malam harilah waktu yang utama dalam mendekatkan diri kepada allah, di malam hari inilah para malaikat menyebarkan rahmat, hidayah, inayah kepada manusia Atas perintah sang maha agung (Allah swt) tergantung pada manusia tersebut mau menggunakan kesempatan tersebut atau tidak. Dengan sholat malam insyallah hati kita akan terjaga dan nafsu kita dapat terkendalikan.
Ketiga Berkumpulah dengan orang-orang yang sholeh.
Bahwa orang sholeh di sini maksudnya bukan orang yang selalu berpakain ustad, santri, atau muslim namun, yang dinamakan sholeh adalah orang yang berkepribadian mulia berprilaku baik dalam kehidupan sehari-hari, baik kepada saudara, tetangga, teman dan lingkunganya. Sang abah bertutur bahwa secara otomatis apabila kita berkumpul dengan orang yang sholeh,.sudah barang tentu prilaku kita akan ikut baik pula dan selalu berfkir secara positif. Namun sebaliknya apabila kita bergaul dengan orang yang tidak baik maka kita di klaim pula menjadi orang tidak baik dan terarah kepada kesesatan. Abah Thoyib menekankan kepada para orang tua, agar selalu mendidikdan mengisi hati dengan nuansa agama pada putra-putranya dan senantiasa selalu memperhatikan dengan siapa dia begaul agar tidak terjerumus kedalam kesesatan yang akan merugikan dirinya, orang tua, keluarga, dan lingkunganya. Semoga putra-putri kita menjadi anak yang sholeh-sholehah yang taat pada aturan agama dan juga kepada orang tuanya. Amin......
Keempat Rajin berpuasa
Mengapa kok puasa nenjadi salah satu tipe utama dalam mengobati hati? Karena puasa dapat mengendalikan diri dari hawa nafsu. Bukan hanya itu saja, bahkan puasa(puasa sunnah) dapat mencerdaskan otak seseorang dan juga dapat menyehatkan tubuh kita karena, organ tubuh kita ibarat mesin yang memerlukan istirahat dengan puasa organ yang mengolah makanan akan istirahat sehingga bila bekerja lagi akan maksimal. Orang tua sering-seringlah bertirakat untuk putra-putrinya seperti halnya puasa senin-kamis ataupun puasa sunnah
lainya supaya anak-anak kita menjadi anak yang sholeh- sholehah cerdas dalam berfiir patuh terhadap orang tua dan juga taat pada agama. Intinya, puasa tersebut dapat menentaramkan hati kita.

Kelima memperbanyak berdzikir
Dengan berdzikir baik di waktu malam, siang atupun di setiap saat merupakan sarana bertaqorrub atau mendekatkan diri kepada allah. Semakin banyak berdzikir maka hati kitapun akan semakin tenang dan tertata, merasa dekat dengan Allah, sehingga apabila kita akan melakukan sesuatu yang negative takut kepada Allah. Dengan selalu mengingat Allah nafsu kita akan terkendali. Semoga kita menjadi orang selalu dekat dengan Allah dan ahli dzikir.Amin…

Pembaca ilmania yang dirahmati Allah
Bonus ulasan tentang tombo ati adalah shadaqah, bahwa sodaqoh itu dapat menolak balak seperti sabda Rosululloh SAW.
الصَّدَقَةُ لِِدَفْعِ الْبَلاَءِ
Yang artinya Bahwa shodaqoh dapat menolak balak.
Dengan mengacu pada hadist di atas marilah kita senantisa bershadaqah kepada fakir miskin, anak yatim dan kepada siapapun yang membutuhkan, insayaallah kita akan di jauhkan dari balak atau musibah, Allah akan menjamin bahwasanya apabila kita bershaaaqoh harta kita tidak akan habis, bahkan malah akan bertambah nilai ekstensinya dan bertambah barakah sehingga harta kita dapat di katakan bermanfaat dan insyaallah shadaqah kita dapat menolong kita ketika menghadapi siksa kubur.
Ingatlah bahwa orang yang di kutuk oleh Allah adalah
1.Orang yang berbuat salah tetapi tidak mau bertaubat
2.0rang yang meninggal dunia dalam keadaan tidak beriman.
Semoga kita ditetapkan dalam iman, ihsan dan taqwallah, istiqamah, hidup manfaat, maslahah sehingga finddun-ya wal akhirah. Amin ..ya mujibassaailiin.

والسٌـلا م عليـكم ورحمـة الله وبر كا ته

Pencari Tuhan
Semburat dan getaran hidayahmu
Menuntunku menuju pangkuanmu
Terpana pun terkesima
Lihat sifatmu penuh pesona
Iman yang menguatkan jiwaku
Bisikan wahyu tak lagi ku dengar
Dirikupun di rudung keniscayaan
Tlah kuhiasi dinding hati dengan kalammu
Harapan sirna datang kian mendera
Tuk mencari Tuhan yang di puja

Medio :desember 2007
Hamba Allah yang dhaif

Salam Redaksi
السٌـلا م عليـكم ورحمـة الله وبر كا تـه
الحمدلله والضلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وَأصحابه ومن والاه, وبعد

Ucapan terindah pada lisan manusia yang mengakui bahwa dirinya adalah insan yang beriman dan islam kecuali ucapan alhamdulillahirobbil'alamin sebagai tanda Puji syukur kehadirat sang maha agung Allah SWT. Taufik beserta hidayahnya yang merasuk kedalam insan-insan ciptaanya sebagai pertanda atas sifat rahman dan rahimNya. Inilah kalimat terindah yang patut kita lantunkan menyambut kebesaran hidayahNya yang memberikan siraman qalbu di Ahad pahing pagi ini, sebagai pintu menuju shirathal mustaqim.
Shalatullah wa wassalamuhu, semoga selalu terlimpahkan kepada sang pembebas ummat, dari lembah duka dan kesengsaraan, baginda Rasul Muhammad SAW, sekaligus sebagai panutan ummat sepanjang zaman yang kita harapkan syafaatnya di yaumul akhir kelak.

Pembaca yang budiman
Satu langkah maju adalah gerakan inoasi yang pedagogis, edukatif dan kreatif. Lahirnya buletin merupakan satu bukti langkah maju yang perlu dukungan, semangat dan dorongan baik lahir bathin.
Setidak-tidaknya bukan suatu kemunculan akan kecemburuan sosial yang sudah menjangkit dimana-mana, akan tetapi sebuah aplaus yang memberi pemikiran positif dan progressif. Mari bersama maju, jika ingin menghendaki maju. Kita tidak membutuhkan argumen tanpa factualisasi, tetapi kita membutuhkan realitas dan fenomena kemajuan yang diharapkan.
Praesen dan restropeksi menjadi landasan dan ideologi kemajuan apapun imannya. Inilah nurani bukan emosi.
Semoga kita dihadapkan pada kenyataan dan bukan asa belaka. Amien.



والسٌـلا م عليـكم ورحمـة الله وبر كا تـه


Redaksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar