Kamis, 08 Januari 2009

f

































Edisi I th. I. 1 Pebruari 2008


TOMBO ATI :SENI BUDAYA-FILOSOFIS DAN AGAMIS WALI SONGO
Pandoming Kaum Muslim
Oleh: Abah Thoyib

membaca alquran semoga hati kita menjadi adhem(sejuk), ayem dan terobati amin....

Kedua sholat malam lakukanlah.
Dengan sholat malam seperti, sholat tahajjud, taubat, hajat ataupun sholat sunnah lainya merupakan tip-tip utama dalam mengobati hati mengapa demikian?karena pada malam harilah waktu yang utama dalam mendekatkan diri kepada allah, di malam hari inilah para malaikat menyebarkan rahmat, hidayah, inayah kepada manusia Atas perintah sang maha agung (Allah swt) tergantung pada manusia tersebut mau menggunakan kesempatan tersebut atau tidak. Dengan sholat malam insyallah hati kita akan terjaga dan nafsu kita dapat terkendalikan.
Ketiga Berkumpulah dengan orang-orang yang sholeh.
Bahwa orang sholeh di sini maksudnya bukan orang yang berpakain ustad, santri, atau muslim namun, yang dinamakan sholeh adalah orang yang berkepribadian mulya berprilaku baik dalam kehidupan sehari-hari,baik kepada saudara, tetangga, teman dan lingkunganya. Pak kyai berkata bahwa secara otomatis apabila kita berkumpul dengan orang yang sholeh,.sudah barang tentu prilaku kita akan ikut baik pula dan selalu berfkir secara positif.Namun sebaliknya apabila kita bergaul dengan orang yang tidak baik maka kita di klaim pula menjadi orang tidak baik dan terarah kepada kesesatan. Selanjutnya pak kyai menekankan kepada para orang tua,agar selalu mendidik agama pada putra-putranya dan senantiasa selalu memperhatikan dengan siapa dia begaul agar tidak terjerumus kedalam kesesatan yang akan merugikan dirinya,orang tua keluarga, dan lingkunganya.Semoga putra-putri kita menjadi anak yang sholeh-sholehah yang taat pada aturan agama dan juga kepada orang tuanya. Amin......
Keempat Rajin berpuasa
Mengapa kok puasa nenjadi salah satu tipe utama dalam mengobati hati? Karena puasa dapat mengendalikan diri dari hawa nafsu. Bukan hanya itu saja, bahkan puasa(puasa sunnah) dapat mencerdaskan otak seseorang dan juga dapat menyehatkan tubuh kita karena, organ tubuh kita ibarat mesin yang memerlukan istirahat dengan puasa organ yang mengolah makanan akan istirahat sehingga bila bekerja lagi akan maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar