RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP KAB. PONOROGO
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA (SENI RUPA)
Kelas/ Semester : VIII / 1 (satu)
Alokasi Waktu : 1 X Pertemuan ( 2 X 40menit)
Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni rupa
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi jenis Karya Seni Rupa Terapan Nusantara
Indikator : 1.1.1. Mengidentifikasikan beragam jenis, bentuk dan teknik
pembuatan karya seni rupa terapan nusantara
1.1.2. Mendiskripsikan beragam jenis, bentuk, dan teknik
pembuatan dan makna karya seni rupa nusantara
I. Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat :
1. Menjelaskan pengertian seni rupa terapan nusantara
2. Mengelompokkan karya seni rupa terapan nusantara berdassarkan ragam jenis, bentuk, dan teknik pembuatannya
3. Menyebutkan benda-benda seni yang tergolong seni rupa terapan
4. Menyebutkan teknik pembuatan karya seni rupa terapan
5. Membuat analisis komparasi hasil karya seni rupa terapan daerah
II. Materi Ajar :
Jenis dan bentuk karya seni rupa terapan nusantara
1. Nukilan seni hias
2. Karya kriya keramik
III. Metode Pengajaran: CTL
Model pendekatan CTL dan Life Skill
IV. Langkah Pembelajaran:
Kegiatan Awal ( Apersepsi):
· Guru memberi salam kepada siswa (apersepsi)
· Tanya jawab berbagai hal yang berkaitan dengan wawasan siswa mengenai karya seni rupa nusantara , antara lain
i. Seni hias nusantara
ii. Karya kriya keramik nusantara
Kegiatan Inti :
· Siswa membaca buku referensi tentang keragaman seni rupa nusantara sesuai petunjuk guru
· Guru menjelaskan tentang karakteristik seni hias nusantara dan siswa mencermati jenis karakteristik seni hias nusantara
· Guru menjelaskan tentang karakteristik seni kriya keramik dan Siswa mencermati jenis karakteristik seni kriya keramik nusantara
· Siswa mengidentifiksi dan mengelompokkan karya seni rupa terapan dua dimensi dan tiga dimensi
· Siswa membuat resume tentang karya seni hias dan keramik nusantara
Kegiatan Akhir (penutup)
· Guru menanyakan kesulitan siswa selama PBM
· Menyimpulkan materi pembelajaran
V. Sumber Belajar :
* Buku Paket Kesenian
* Majalah
* Contoh karya
VI. Penilaian:
1.Tehnik : tes
2. Bentuk instrumen :tes tertulis
Instrumen :
a. Sebutkan 5 jenis karya seni rupa terapan nusantara !
b. Jelaskan 3 tehnik pembuatan karya seni rupa terapan nusantara dengan bahan tanah liat !
c. Sebutkan ciri ciri seni rupa terapan !
LEMBAR PENILAIAN
No
Skor perolehan
(a)
Skor maksimal
(b)
Bobot soal
(c)
Nilai tiap soal
1
2
3
10
3
7
50
15
35
Kunci jawaban :
1. keramik, taman interior, aquarel, taman eksterior, seni kerajinan perak, anyaman
2. teknik modeling, butsir, scrolling, printing, mozaik, kolase
3. Ciri-ciri senirupa terapan :
a. dapat dinikmati keindahannya
b. dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari(usefull art/applied art)
c. banyak dihasilkan oleh seniman tradisional atau home industri
d. bersifat dinamis
Rubrik penilaian :Bobot jawaban :
Jawaban no. 1 : tiap item jawaban benar score=2 sehingga jika benar 5 score=10
2 : tiap item jawaban benar memperoleh score =1
3 : jawaban lengkap score 7
Rumus skore akhir:
Nilai = (1 + 2 + 3 ) x 5
Ponorogo,........................
Mengetahui Guru Mata Pelajaran,
___________________ ________________________
NIP: NIP:
FORMAT KEGIATAN PENUGASAN TERSTRUKTUR
DAN MANDIRI/TIDAK TERSTRUKTUR
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA(SENI RUPA)
KELAS : VIII
SEMESTER : 1
Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni rupa
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi jenis Karya Seni Rupa Terapan Nusantara
Indikator : 1.1.1. Mengidentifikasikan beragam jenis, bentuk dan teknik
pembuatan karya seni rupa terapan nusantara
1.1.2. Mendiskripsikan beragam jenis, bentuk, dan teknik
pembuatan dan makna karya seni rupa nusantara
SK
KD
KEGIAIAN
WAKTU
KET
1. Mengapresiasi karya seni rupa
1.1. Mengapresiasi karya seni rupa
Buatlah lukisan bertema bebas pada kertas gambar A3 dengan motif dekoratif dan teknik cetak sederhana
1 x 40 menit
Tgs
Ter
Struk
tur
Ponorogo,........................
Mengetahui Guru Mata Pelajaran,
___________________ ________________________
NIP: NIP:
ANALISIS MATERI PELAJARAN
MATERI 1: NUKILAN SENI HIAS NUSANTARA (DUA DIMENSI)
CONTOH SENIRUPA KERAMIK(TIGA DIMENSI)
PENGURUS DAN GURU INTI
MATA PELAJARAN
SENI BUDAYA
DI SMP 5 PONOROGO
20 NOPEMBER 2007
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar