Kamis, 08 Januari 2009

contoh ptk mp seni

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS


PENINGKATKAN PRESTASI DAN PENGUASAAN TEKNIK BATIK CELUP MELALUI PENDEKATAN JOYFUL LEARNING MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VIIIB SEMESTER I
SMP NEGERI 1 SAWOO PONOROGO
TAHUN PELAJARAN 2008/2009













Oleh :
Mohammad Thoyib, M.Pd.
NIP. 131 993 901




PEMERINTAH KABUPATEN PONOROGO
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 1 SAWOO
Alamat : Desa Prayungan Kecamatan Sawoo Ponorogo Telp. 0352 311014

2008

DOKUMENTASI PERPUSTAKAAN

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Judul :

PENINGKATKAN PRESTASI DAN PENGUASAAN TEKNIK BATIK CELUP MELALUI PENDEKATAN JOYFUL LEARNING MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VIIIB SEMESTER I
SMP NEGERI 1 SAWOO PONOROGO
TAHUN PELAJARAN 2008/2009






Oleh :
Mohammad Thoyib, M.Pd .
NIP. 131993901

Diserahkan dan didokumentasikan di Perpustakaan SMP Negeri 1 Sawoo Ponorogo dengan Registrasi Nomor:

Induk Inventaris Perpustakaan :
Klasifikasi :
Tanggal :

Ponorogo, 27 Desember 2008

Mengetahui
Kepala SMPN 1 SAWOO Pustakawan




Drs. AGUS SETIJOADI NURUL WIDAYATI, S.Pd
NIP. 131682035 NIP. 132166875
PERNYATAAN TERIMA KASIH

Segala puji syukur Peneliti haturkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-NYA sehingga PTK ini bisa diselesaikan tanpa ada halangan yang merintanginya. Semua itu bisa peneliti lakukan semata-mata hanya karena bantuan dan kasih sayang NYA.
Peneliti menyadari sepenuhnya bahwa penelitian tindakan kelas ini dapat selesai karena atas bantuan dan motivasi dari berbagai pihak khususnya teman-teman guru di sekolah. Untuk itu, dengan segala kerendahan hati peneliti menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada:
1. Bapak Drs. Agus Setijoadi, selaku Kepala SMPN 1 yang telah memberikan dukungan dalam pelaksanaan PTK ini
2. Teman-teman guru di SMPN 1 Sawoo yang tidak dapat peneliti sebutkan satu persatu, atas segala motivasi yang telah diberikan untuk menyelesaikan PTK ini.
Semoga hasil PTK ini mampu memberikan sumbangan wawasan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi perkembangan pendidikan khususnya teman-teman guru di Sekolah Menengah Pertama..



Ponorogo, 24 Desember 2008
Peneliti


Mohammad Thoyib, M.Pd.
NIP. 131993901





SURAT KETERANGAN
No.


Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala SMPN 1 Sawoo Ponorogo, menerangkan bahwa :

N a m a : Mohammad Thoyib, M.Pd
NIP : 131993901
Pangkat/Gol.: Pembina/IVa
Tugas : Guru Seni Budaya
Semester : Ganjil
Tahun : 2008/2009
Alamat : Perumda Blok K 30 Keniten Ponorogo

telah melakukan Penelitian Tindakan Kelas pada tanggal 2 – 24 Desember 2008.

Surat pernyataan ini sebagai tanda sah hasil PTK yang telah dilaksanakan oleh guru sebagaimana dimaksud di atas.


Ponorogo. 24 Desember 2008
Kepala SMPN 1 Sawoo





Drs. Agus Setijoadi
NIP. 131682035



DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL i HALAMAN DOKUMENTASI PERPUSTAKAAN ii
PERNYATAAN TERIMA KASIH iii
SURAT KETERANGAN PENELITIAN iv
DAFTAR ISI v
DAFTAR TABEL vi
DAFTAR GRAFIK/GAMBAR vii
DAFTAR LAMPIRAN viii
ABSTRAK ix

BAB I PENDAHULUAN 1
a. Latar Belakang Masalah 1
b. Rumusan Masalah 3
c. Tujuan Penelitian 4
d. Kegunaan Penelitian 4

BAB II KAJIAN PUSTAKA 6
A. Pendekatan Joyful Learning 6
B. Seni Batik.............................................................................................13
1. Corak batik....................................................................................13
2. Batik Celup....................................................................................16
C. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belajar............. 18

BAB III METODE PENELITIAN 19
A. Tempat, Waktu dan Subyek Penelitian 22
B. Rancangan Penelitian 23
C. Instrument Penelitian..........................................................................24
D. Metode Pengumpulan Data............................................................... 28
E. Teknik Analisis Data ...........................................................................28
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 26
A. Analisis Item Butir Soal 26
B. Analisis Data Penelitian Per siklus...................................................28
1. Siklus Pertama 28
2. Siklus Kedua 33
3. Siklus Ketiga...................................................................................37
C. Pembahasan 40

BAB V SIMPULAN DAN SARAN 43
A. Simpulan 43
B. Saran 43

LAMPIRAN-LAMPIRAN



DAFTAR TABEL

Nomor Tabel hal
4.1 Data validitas soal uji kometensi 27
4.2 Nilai uji kompetensi siklus I 32
4.3 Rekapitulasi hasil tes pada siklus I 33
4.4 Nilai uji kompetensi siklus II 35
4.5 Rekapitulasi hasil tes pada siklus II 36
4.6 Nilai uji kompetensi siklus III 38
4.7 Rekapitulasi hasil tes pada siklus III 38




DAFTAR GRAFIK DAN GAMBAR

Grafik 1:
Persentase dan nilai rata-rata perkembangan prestasi 42
Gambar
1 – 5 Contoh-contoh batik tulis 14
8 Kain panjang (jawa=jarit) 15
8 -9 Contoh-contoh motif batik tulis bergaya simetris 15
2 Ikatan siap celup 30
3 Sedang mencelup warna secara kolektif per kelompok 30


DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1 : Rcana Pelaksanaan Pembelajaran dan Rubrik Penilaian
Lampiran 2 : Soal Tes Sebelum Siklus, Soal Uji Kompetensi 1,2 dan 3
Lampiran 3 : Angket Siswa PTK
Lampiran 4 : Daftar Nilai Sebelum Dan Sesudah Siklus Penelitian Tindakan
Kelas Pembelajaran
Lampiran 5 : Dokumentasi foto kegiatan praktikum batik celup/jumputan































ABSTRAK

Mohammad Thoyib, M.Pd :PENINGKATKAN PRESTASI DAN PENGUASAAN TEKNIK BATIK CELUP MELALUI PENDEKATAN JOYFUL LEARNING MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VIIIB SEMESTER I SMP NEGERI 1 SAWOO PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2008/2009
Kata kunci : Joyful learning, Batik Celup, Prestasi Seni Budaya

Dalam metode pembelajaran ada salah satu pendekatan yang mendesain proses transfer of knowledge menjadi lebih santai dan tidak tegang, salah satu pendekatan tersebut dikenal dengan joyful learning yang merupakan salah satu metode pembelajaran yang mendukung pengembangan berpikir kreatif (creative thinking), memberi bekal keterampilan-keterampilan menghadapi kehidupan (life skills), dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan (joyful learning). Pendekatan joyful learning ini akan diterapkan dalam menjelaskan praktikum batik celup dan langkah-langkahnya yang merupakan salah satu materi Seni Budaya di SMP Kelas VIII B Semester I, bertujuan untuk:1)Mengetahui deskripsi pelaksanaan proses pembelajaran praktikum batik celup melalui pendekatan joyful learning pada mata pelajaran Seni budaya Kelas VIII B Semester I SMP Negeri 1 Sawoo tahun pelajaran 2008/2009 .2).Mengetahui prestasi belajar siswa pada praktikum batik celup dengan melalui pendekatan joyful learning pada mata pelajaran Seni budaya Kelas VIII B Semester I SMP Negeri 1 Sawoo tahun pelajaran 2008/2009.
Penelitian dilaksanakan siswa kelas VIII B Semester I di SMP Negeri 1 Sawoo Ponorogo yang terletak di Jl. Raya Ponorogo Trenggalek Desa Prayungan Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo, pada semester ganjil tahun pelajaran 2008/2009
Hasil PTK ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1).Pembelajaran dengan pendekatan joyful learning dalam praktikum batik celup memiliki dampak postif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus dari siklus I, II dan III, yaitu masing-masing 71,05 %, 81,58% dan 94,74% 2). Penerapan pembelajaran pendekatan joyful learning dalam memahami praktikum batik celup mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan model pembelajaran pendekatan joyful learning sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar